RESUME BERPIKIR KOMPUTASI

 1. STRUKTUR DATA :

   Struktur data adalah penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan dan mengatur data dengan efisien di dalam komputer. Hal ini melibatkan pengaturan yang tepat agar data dapat diakses dan diperbarui dengan efisien.Struktur data tidak hanya berfungsi sebagai penyusun data, tetapi juga memiliki peran penting dalam proses pengolahan, pengambilan, dan penyimpanan data.

   Penyimpanan Data- Struktur data digunakan untuk menyimpan data secara terstruktur dalam memori komputer. Ini memungkinkan akses dan manipulasi data yang efisien. Pencarian Data- Struktur data menyediakan algoritma dan operasi yang efisien untuk melakukan pencarian data. Dengan menggunakan struktur data yang tepat, pencarian data dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Array (Statis): Array adalah kumpulan elemen dengan tipe yang sama. Mereka memiliki indeks yang memungkinkan akses data secara langsung.


– Stack (Dinamis): Stack adalah struktur data yang mengikuti prinsip Last In, First Out (LIFO). Ini berarti elemen terakhir yang dimasukkan akan menjadi yang pertama dikeluarkan.


– Queue (Dinamis): Queue adalah kebalikan dari stack, mengikuti prinsip First In, First Out (FIFO). Elemen pertama yang dimasukkan akan menjadi yang pertama dikeluarkan.


– Linked List (Dinamis): Linked list terdiri dari serangkaian node yang terhubung satu sama lain. Setiap node memiliki data dan pointer ke node berikutnya dalam urutan.

2. TREE DATA :

  Tree adalah salah satu struktur data yang paling umum digunakan dalam pengembangan web. Pernyataan ini berlaku untuk pengguna dan pengembang. Setiap web developer yang telah ditulis HTML dan dimuat ke web browser telah menciptakan sebuah tree, yang disebut sebagai Document Object Model (DOM). Setiap pengguna internet yang memiliki, pada gilirannya, mengkonsumsi informasi di Internet telah menerimanya dalam bentuk tree — DOM.

   Dalam ilmu komputer, tree adalah struktur data yang mensimulasikan hirarkis data dengan node. Setiap node tree memegang sendiri data dan pointer ke node lain. Terminologi node dan petunjuk mungkin baru bagi beberapa pembaca, jadi mari kita menggambarkan mereka lebih jauh dengan analogi. Mari kita bandingkan tree untuk bagan organisasi.

3. GRAPH DATA : 

   Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.

   Simpul pada graph disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke simpul y. Graph banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata, dimana masalah tersebut perlu direpresentasikan atau diimajinasikan seperti sebuah jaringan. 

4. ALGORITMA : 

  Pengertian umum dari suatu algoritma adalah urutan dari sejumlah langkah logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

Algoritma berisi instruksi terbatas yang dijalankan berurutan hingga menghasilkan output yang diinginkan dan berhenti saat kondisi tertentu terpenuhi.


Pada kehidupan sehari-hari, algoritma digunakan dalam berbagai bidang, termasuk di perusahaan keuangan untuk perdagangan saham dan aset serta manajemen utang dan penetapan harga pinjaman.


Perdagangan otomatis menggunakan algoritma untuk menjual atau membeli sekuritas dengan cepat karena transaksi bisnis yang sangat cepat tidak dapat dilakukan oleh manusia. 

5. ALGORITMA MENURUT PARA AHLI : 

Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan :


Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan yang ada.


Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Introduction to the Design and Analysis of Algorithms“ :


Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.


Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal dalam bidang komputerisasi :


Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

   Beberapa ahli menganggap algoritma sebagai urutan langkah-langkah yang harus diikuti dalam matematika atau perhitungan untuk memecahkan masalah lain, terutama komputer.

6. EKPRESI LOGIKA :

   Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.

  Ekspresi logika adalah pernyataan yang bisa benar atau salah . Misalnya, A < B adalah ekspresi logika. Ekspresi ini bisa benar atau salah tergantung pada nilai a dan b yang diberikan.

Definisi : proposisi atomik berisi satu variabel proposisi atau satu konstanta proposisi.


Definisi : proposisi majemuk berisi minimum satu perangkai, dengan lebih dari satu variabel proposisi.

7. OPERASI LOGIKA :

  Operasi logika yang dimaksudkan adalah sebuah sebuah kombinasi variabel biner yang berupa masukan dan keluaran dari sebuah sistem rangkaian digital.

  Operasi logika adalah operasi yang mengambil keputusan apakah operasi yang dilakukan adalah BENAR atau SALAH. Jika diperlukan, beberapa operasi hubungan dapat dikelompokkan bersama untuk memberikan fungsionalitas yang diperlukan. C mengasumsikan bahwa nilai numerik 0 (nol) adalah SALAH dan nilai lainnya adalah BENAR. Tabel 26.3 mencantumkan operator logika.

8. FLOWCHART : 

  Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

9. FLOWCHART DOKUMEN : 

  Flowchart dalam dokumen digunakan untuk meringkas bagian-bagian atau langkah-langkah yang ada di dalam dokumen tersebut. Hal ini berfungsi untuk memperjelas bagaimana bagian atau langkah tersebut berjalan atau berproses.

  Bagan alir dokumen atau disebut juga dengan bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

10. FLOWCHART DATA : 

  Digunakan untuk memvisualisasikan alur kerja data dalam sebuah program atau sistem. Jenis diagram alir yang satu ini, cocok digunakan pada tahap perancangan dalam pengembangan software.

11. FLOWCHART SISTEM : 

  Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.

  Flowchart sistem atau system flowchart adalah suatu bagan yang menampilkan alur kerja atau apa yang tengah berjalan dalam suatu sistem secara menyeluruh dan mampu menjelaskan berbagai urutan dari prosedur yang terdapat di dalam sistem. Itu artinya, diagram jenis alir ini adalah suatu penjelasan secara grafik dari urutan tentang beberapa prosedur yang tergabung dan membentuk suatu sistem sederhana.

12. FLOWCHART PROGRAM :

  Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart).

  Bisa dibilang, program flow chart adalah versi lanjutan dari system flowchart. Di sini, setiap prosesnya akan dijelaskan secara lebih detail. Sebagai contoh, di bawah ini adalah program flowchart yang dibuat untuk menjelaskan langkah-langkah “menentukan jenis dan jumlah pesanan menu” dari contoh system flowchart sebelumnya.

13. SIMBOL SIMBOL FLOWCHART :

  1. Terminator


Mengutip buku Buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java oleh Yuniarsyah, simbol ini mewakili awal dan akhir dari flowchart atau suatu kegiatan. Adapun nama lain dari simbol ini adalah Start/End Symbol.

   2. Input/Output 

Simbol input/output berbentuk jajargenjang. Fungsinya adalah untuk menyatakan proses input/output tanpa tergantung jenis peralatannya.

  3. Proses

Selanjutnya adalah simbol proses. Tujuannya adalah menyatakan suatu tindakan atau proses pada komputer.

  4. Preparation
Simbol preparation memiliki tujuan untuk menyiapkan suatu variabel atau tempat penyimpanan suatu pengolahan data atau pemberian awal.

  5. Arus Proses
Simbol ini berfungsi untuk menghubungkan antara simbol satu dan simbol lain atau menyatakan jalannya arus dalam suatu proses. Simbol ini sering disebu juga dengan connecting line.

  6. Decision
Simbol selanjutnya adalah decision. Decision menyatakan awal dan akhir flowchart atau program suatu kegiatan.

  7. Connector 


Simbol connector berbentuk lingkaran. Fungsinya adalah menyatakan sambungan dari satu ke proses lain dalam halaman yang sama.

  8. Predifine Proses

Simbol ini menjelaskan pelaksanaan suatu alur dalam diagram alur. Predifine proses juga menyatakan arti sebuah proses yang merujuk dari tempat lain pada halaman kerja flowchartmu.

  9. Offline Connector 

Offline Connector kebalikan dengan connector. Simbol ini menyatakan sambungan dari satu ke proses ke proses lain pada halaman yang berbeda.

  10. Document
Fungsi dari simbol document adalah merepresentasikan input atau output dari dokumen pada flowchart. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bentuk masukan dari dokumen dan bentuk keluaran dari sebuah bagan alur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA CLARISA